img_20160925_161208_hdr

  Tidak mudah menangkap koruptor, banyak yang disangka melakukan tindak pidana korupsi tetapi kemudian dibebaskan karena tidak cukup bukti begitu pula yang berdasarkan hasil audit, seseorang dinyatakan melakukan korupsi namun tidak dikenakan sanksi bahkan dilindungi. Mengapa hal ini banyak terjadi adakah yang salah dalam melakukan audit atau penegakan aturan hukum dan aparatnyakah yang perlu dibenahi.  Sedangkan modus korupsi semakin hari semakin canggih dan kejahatan semakin rapi tersembunyi, sehingga untuk mengungkap hal yang tersembunyi ini perlu suatu cara yang harus digunakan yaitu melalui audit investigatif.

Istilah investigasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu penyelidikan yang berlandaskan pada hukum dan rasa keadilan untuk mencari kebenaran dengan tingkat kebenaran yang tinggi (high level of assurance) mengenai suatu permasalahan yang ditemukan.

Tujuan dilakukan workshop ini adalah yang pertama agar Mahasiswa dapat mengetahui pentingnya Audit investigatif dan bagaimana caranya untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima dan yang kedua agar Mahasiswa dapat mengetahui cara menyusun kertas kerja audit yang umum, yaitu menyangkut data umum objek atau kegiatan yang diperiksa termasuk ketentuan yang harus dipatuhi.

Kegiatan workshop Audit Investigatif untuk Pemerintah Daerah dilaksanakan pada hari Minggu dan Senin yaitu tanggal 25 sd 26 September 2016 di Gedung Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan Pontianak beralamat Jalan Imam Bonjol Komplek Untan Pontianak dengan jumlaha peserta yaitu mahasiswa aktif pada Program Magister Akuntansi sebanyak 45 orang dan Mahasiswa Program Magister Ilmu Ekonomi Program Beasiswa STAR sebanyak 55 orang total jumlah peserta adalah 100 orang

Nara sumber atau pemateri pada kegiatan workshop adalah Ibu Ayu Rizky, SE, MM, Ak, CA beliau adalah Staf BPK Provinsi Jawa Barat sekaligus Dosen mata kuliah Audit Investigatif. (Irw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *