PHOTO 1

Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) mengadakan Pelatihan Aplikasi Pengolahan Data Menggunakan Software Eviews yang dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Desember 2016 selama 2 hari di Gedung Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan Pontianak beralamat Jalan Imam Bonjol Komplek Untan Pontianak, Pelatihan tersebut dihadiri oleh Dosen, mahasiswa aktif pada Program Magister Akuntansi, Mahasiswa Magister Manajemen Konsentrasi Keuangan dan Mahasiswa Program Magister Ilmu Ekonomi Program Beasiswa STAR adapun total jumlah peserta adalah 100 orang. dengan Narasumber Dr. Rustam, S.E., M.E., dan Bapak Dr. Wendy, S.E., M.Sc beliau adalah dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut adalah agar

  1. Mahasiswa atau peserta dapat mengetahui langkah-langkah metode analisis serta dasar ekonometrik
  2. Mahasiswa atau peserta dapat mengetahui jenis data set
  3. Mahasiswa atau peserta mampu mengolah data tiem series, cross section
  4. Mahasiswa atau peserta mampu mengolah data panel, mengolah uji data dan uji model analisis serta memahami cara mendeteksi pelanggaran dalam uji data dan uji model
PHOTO 2 PHOTO 5

SPSS dan Eviews adalah software yang digunakan untuk aplikasi statistik terutama dalam hal mengolah data. Pembelajaran statistik akan terasa tidak sah jika tidak mengenal dan mempraktekkan cara-cara pemrosesan dan pengolahan data secara nyata. Kedua software ini harus diketahui setiap mahasiswa agar dapat mempermudah cara pengaplikasian ilmu statistik.

EViews (singkatan dari: Econometric Views) adalah program komputer berbasis Windows yang banyak dipakai untuk analisa statistika dan Ekonometrika, keduanya merupakan analisis kuantitatif dengan data time series maupun cross section. Model analisis juga sama-sama menggunakan regresi korelasi sebagai model dasar. Kedua bidang ilmu ini sangat memerlukan program komputer untuk menyelesaikan masalah. Salah satu program komputer yang banyak dipakai adalah EViews, yang saat ini sudah beredar hingga versi 7.

PHOTO 4

Eviews adalah program yang banyak digunakan dalam pendidikan, pemerintah dan industri.  EViews, yang merupakan singkatan Views Ekonometrik, adalah versi baru dari paket statistik untuk memanipulasi data time series. Meskipun sebagian besar EViews dirumuskan oleh ekonom, program itu sendiri juga dapat digunakan dalam bidang-bidang studi, seperti sosiologi, statistik, keuangan, dll. EViews memanfaatkan lingkungan windows user-friendly, sebagian besar perusahaan operasi dapat dilakukan dengan menu drop-down.

Alat analisis yang ada di dalam program Eviews diantaranya adalah regresi korelasi sederhana, sampai pada teknik-teknik tingkat lanjut, seperti TSLS, Spurious regression, dan ARCH/GARCH, analisis time series dan pooled regression. Program Eviews merupakan sebuah program aplikasi yang mampu menganalisis ekonometrika secara lengkap dan banyak digunakan oleh para peneliti dan kalangan akademisi.

PHOTO 3

Pelatihan pengolahan data mengunakan Software Eviews adalah salah satu program penting dalam pengolahan data, diantaranya model Time Series, Crossectional dan data Panel. Karena Eviews mampu mengkomudir ketiga kebutuhan diatas, analisa yang dilakukan oleh program Eviews tidak hanya berupa masalah statistic biasa, namun eviews juga mampu menyelesaikan untuk kasus-kasus ekonometrik yang cukup komplek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *