Program Doktor Ilmu Manajemen Mengadakan Kuliah Umum dengan tema “ISU-ISU TOPIK MSDM PADA TESIS DAN DISERTASI”. Pemateri pada kuliah umum tersebut adalah Prof. Dr. Anis Eliyana, S.E., M.Si.  dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Kuliah umu yang diadakan oleh Program Doktor Ilmu Manajemen Untan dihadiri adalah  Dosen dan mahasiswa Program Pascasarjana FEB Untan dari Program Magister dan Doktor. Tujuan diadakannya Kuliah umum tersebut adalah Membantu mahasiswa yang sedang menulis tesis atau disertasi untuk memilih topik dan mengembangkan tesis, serta memilih topik yang tepat dan mengembangkan tesis yang diartikulasikan dengan baik dapat menjadi salah satu aspek paling menantang dalam menulis penelitian.

Dalam Menulis Tesis atau Disertasi yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa adalah Isu-isu yang berkembang saat ini, mahasiswa harus bisa menetapkan Isu utama atau permasalahan utama karena penting untuk penelitian.  Peneliti tidak usah berpikir terlalu muluk untuk bisa meneliti banyak isu atau permasalahan.  Peneliti perlu menetapkan hanya “satu” isu atau permasalahan saja. Isu utama yang dipilih adalah isu yang berkaitan dengan bidang ilmu spesifik si peneliti. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, maka isu utama yang dipilih adalah hal-hal di seputar MSDM. Demikian juga bidang ilmu lain, walaupun memungkinkan untuk masuk ke ranah bidang ilmu lain, lebih baik isu yang dipilih sesuai dengan bidang masing-masing, utamanya bagi peneliti pemula.

Setelah peneliti yakin akan isu atau masalah utamanya, maka peneliti perlu mengidentifikasi faktor-faktor apa sebenarnya yang mempengaruhi masalah utama tersebut. Tujuannya adalah untuk mengungkap bahwa sebenarnya permasalahan utama tidak berdiri sendiri, tetapi ada hal-hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi

Pada umumnya penelitian dilakukan guna mencapai sasaran tertentu. Suatu penelitian bisa mempunyai kegunaan praktis jika isu penelitian yang dipilihnya adalah yang berkenaan dengan yang dijumpai peneliti dalam lingkungan dimana dia hidup. Yang dimaksud dengan masalah dalam konteks ini adalah sesuatu hal yang dianggap negatif berdasarkan ukuran tertentu. Jika sekelompok karyawan datang di atas jam kerja yang seharusnya maka terlihat adanya masalah. Jika produksi selalu tidak mencapai target, maka terdapat masalah. Seorang mahasiswa mengambil isu “disiplin kerja” untuk penelitiannya, karena ketika datang ke suatu departemen ternyata pegawainya seringkali terlambat datang ke kantor. Isu-Isu penelitian tersebut tadi benar-benar didasarkan atas masalah yang nyata terjadi dan sasarannya adalah memecahkan masalah tersebut.

Penelitian dapat juga diawali dengan adanya imajinasi dan keingintahuan yang kuat dari peneliti. Tanpa adanya kejadian yang istimewa (negatif/positif), seseorang bisa melakukan penelitian karena ada sesuatu hal yang ingin diketahuinya sendiri, guna kepentingan ilmunya sendiri. Seorang yang tertarik dalam bidang ilmu manajemen dapat saja melihat efektivitas suatu program gugus kendali mutu bukan untuk kegunaan praktis, tetapi semata-mata ingin membuktikan teori yang dipelajarinya. Seseorang dapat juga meneliti budaya organisasi dengan tujuan hanya ingin mengetahuinya saja atau bahkan melakukan serangkaian penelitian dengan maksud menyusun suatu teori baru.

Untuk memsupport mahasiswa untuk mulai meneliti apalagi bagi mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir, Program Doktor Ilmu Manajemen mengangkat masalah kuliah umum mengenai Isu-Isu Topik MSDM pada Tesis dan Disertasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *