Fakultas Ekonomi Untan didirikan pada tahun 1959, merupakan fakultas tertua di Universitas Tanjungpura Pontianak. Sejak dibukanya program studi akuntasi tahun 1996, maka saat ini ada 3 program studi di Fakultas Ekonomi yaitu program studi Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan (IESP), program studi Manajemen dan program studi Akuntansi. Sebagai institusi yang berfungsi menyelenggarakan pendidikan tinggi, Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura mempunyai visi yaitu :
“Pada Tahun 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura menjadi Pusat Informasi Ilmiah Kalimantan Barat khususnya dibidang Ekonomi dan menjadi institusi yang menghasilkan sarjana Ekonomi bermoral dengan kualitas mampu berkompetisi ditingkat daerah, nasional, maupun Internasional. “
Berlandaskan pada Visi tersebut, maka rumusan Misi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura adalah :
“Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas sehingga dapat menghasilkan Sarjana Ekonomi yang mampu mengikuti, mengembangkan, dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta mampu memberikan arah bagi pembangunan Ekonomi “.

Tujuan utama Fakultas Ekonomi adalah menghasilkan ekonom yang berjiwa wirausaha, profesional dan memiliki etos kerja yang tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya diperlukan strategi yang mengacu pada paradigma baru manajemen pendidikan tinggi yang mencakup perbaikan relevansi, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, meningkatkan suasana akademik dan memperbaiki internal manajemen dan organisasi Fakultas.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *